MICROSOFT WORD

MICROSOFT WORD

Microsoft Word (MS WORD) merupakan salah satu program dari Microsoft Office yang fungsinya sebagai pengolahan kata untuk berbagai macam pengetikan dengan pengoperasian yang mudah serta hasil yang lebih optimal.

A.     Memulai Program Microsoft Word

Caranya :
1.    Klik Start
2.    Sorot Programs atau All Programs
3.    Sorot Microsoft Office : Klik Microsoft Word 2003


Gambar 2.1
Memulai Microsoft Word


4.    Maka akan muncul tampilan Microsoft Word seperti Gambar 2.2











Gambar 2.2
Microsoft Word

B.     Pengaturan Halaman
Mengatur ukuran kertas dan  batas kertas  saat dicetak. Pengaturan ini biasanya dilakukan sebelum mengetik naskah
Caranya :
1.    Klik File
2.    Klik Page setup
3.    Atur Margins ( batas cetak kertas dengan naskah ) seperti Gambar 2.3



Gambar 2.3
Pengaturan Margins
4.    Atur Paper ( jenis kertas ), contoh A4 = HVS Kwarto
5.    Klik OK
6.    Sekarang kita siap untuk mengetik naskah

C.     Pengenalan Toolbars
Toolbars : adalah kumpulan gambar yang mewakili suatu perintah, biasanya untuk perintah yang sering digunakan.


Gambar 2.4
Toolbar
Jika ada toolbar yang belum muncul, bisa dimunculkan dengan cara :
Caranya :
1.    Klik menu View
2.    Sorot Toolbars
3.    Klik nama toolbar yang ingin dimunculkan (ditandai denganĂ–)


Gambar 2.5
Memunculkan Toolbars


Tips : Tombol dalam toolbar standard yang sering digunakan ;
UNDO : Pembatalan beberapaperintah terakhir ini berguna jika terjadi kesalahan, terutama saat blok tidak sengaja terhapus.
D.     Blok
Untuk memberi tanda suatu naskah
Cara I :
1.    Letakkan kursor di depan huruf yang akan diblok
2.    Drag (tahan tombol kiri mouse, seret hingga tujuan akhir mengeblok)
3.    Lepaskan
Cara II :
1.    Letakkan kursor di depan huruf yang akan diblok,
2.    Tahan SHIFT pada keyboard dan tekan anak panah ke kanan , terus hingga tujuan akhir mengeblok
Blok 1 kalimat  : Klik Kiri 2x
Blok 1 paragraf : Klik Kiri 3 x
LATIHAN 1
Petunjuk pengerjaan :
1.    Ketiklah tanpa mengatur dulu
2.    Tekan enter saat ganti paragraph atau saat ganti judul saja


Hari Buku Nasional
Hari Buku Nasional pada 21 Mei selalu diperingati sebagai upaya pencerdasan bangsa. Seperti halnya banyak momen lain, semua berhenti hanya pada tataran slogan dan konsep. Terbukti industri perbukuan lesu, minat baca masyarakat sangat rendah (walaupun persentase melek huruf tinggi). Demikian juga dengan jumlah perpustakaan sangat minim dan kalaupun ada kondisinya menyedihkan.
Banyak ulasan tentang begitu menyedihkannya kondisi perpustakaan di Indonesia. Misalnya Perpustakaan Yayasan Hatta di Yogyakarta sudah kehilangan daya tarik sebagai sumber ilmu pengetahuan. Koleksi buku (yang berjumlah 41.0147 eksemplar) kian menyusut (karena ada 40% buku tidak kembali), juga kegiatan ilmiah terhenti.
Tamannya tak terawat sehingga semakin mengukuhkan gambaran tentang perpustakaan sebagai tempat suram, membosankan, dan tidak menyenangkan. Tidak aneh bila setiap hari hanya dikunjungi rata-rata 29 orang. (Karangan :Neni Utami Adiningsih)


E. Mengganti Fonts (Bentuk Tulisan)
Cara I :
1. Blok naskah yang akan diganti fonts
2. Klik dari Toolbar Formatting


Gambar 2.6
Mengganti fonts lewat toolbar formattting

Cara II :
1.    Blok naskah yang akan diganti fonts
2.    Klik menu Format  
3.    Klik Font
4.    Pilih Font dan ukurannya (size)
5.    Klik OK
6.    Maka bentuk tulisan sudah terganti




Gambar 2.7
Mengganti fonts lewat menu format

F. Meratakan Naskah
Caranya :
1.  Blok dulu area naskah yang akan dimodifikasi,
2.  Kemudian klik salah satu dari :

= rata kiri (align left), atau tekan Ctrl + l

= rata tengah ( center ), atau tekan Ctrl + e

= rata kanan (align right), atau tekan Ctrl + r

= rata kiri dan kanan ( justify), atau tekan Ctrl + j

Gambar 2.8
Alignment (perataan tulisan)

3.    Maka naskah sudah tampak rata

G. Mengatur Indentasi dan Jarak Spasi
Cara I :
1.    Blok paragraph atau alinea yang akan dimodifikasi
2.    Klik menu Format
3.    Klik Paragraph












Gambar 2.9
Menu paragraph


Cara II :

1.  Blok alinea yang akan dimodifikasi
2.  Atur indentasi ( indent ) yang terdapat  pada Ruler.





Gambar 2.10
Indentasi dengan ruler


LATIHAN 2

BRITISH STEEL

Melihat awal British Steel tampaknya telah berpengalaman untuk mempertahankan bisnisnya. Perusahaan yang semula milik negara ini mengatasi masalah kerugian komulatif dengan memilih srategi stabilitas internal yang kemudian dilanjutkan  dengan penciutan (mengurangi biaya dengan mengurangi naker internal sampai melakukan privatisasi tahun 1998).

Setelah melakukan privatisasi perusahaan mencapai masa keemasan, di sini masalah dimulai, setelah sukses perusahaan agaknya terlena. Lima pabrik terintegrasi, misalnya. Pada perusahaan sebesar itu sebaiknya pabrik-pabrik mulai dilepas untuk berdiri sendiri.

H. Menyimpan File
File di MS Word perlu disimpan, bisa ke dalam drive FDD/Diskette (A:) atau Harddisk(C:), supaya sewaktu-waktu bisa dibuka dan dapat diedit kembali selain itu menyimpan file untuk mencegah hilangnya hasil pengetikan apabila sewaktu-waktu  terjadi listrik mati maupun komputer hang (error).
Caranya :
1.    Klik File
2.    Klik Save atau Save as (untuk menyimpan dengan nama lain)









Gambar 2.11
Menyimpan file
3.    Klik pilihan di kolom Save in (untuk menentukan folder atau drive tempat penyimpanan file tersebut)
4.    Ketik nama file pada kolom File name , misalkan : latihan2 (joko)
5.    Klik Save
6.    Maka file sudah tersimpan dengan nama file latihan2 (joko)

I. Membuka File
Membuka  file lama yang telah disimpan
Caranya :
1.    Klik  File
2.    Klik  Open ;  Cari kemudian klik file yang akan dibuka













Gambar 2.12
Membuka file



3.    Klik Open
4.    Maka kita telah berhasil membuka file.

J. Membuat File Baru
Caranya :
1.    Klik File
2.    Klik New : Klik Blank Document
3.    Maka muncul dokumen baru dengan area pengetikkan yang masih kosong





















LATIHAN 3
PENGERTIAN WEB
Untuk lebih mudah memahami tentang web, maka anggap saja world web-lah tempat segala sesuatu berada. Juga dikenal dengan WWW atau yang lebih sering dikenal dengan World Wide Web adalah suatu kelompok lokasi internet yang berkembang dan membentuk dokumen-dokumen Web atau halaman Web milik sendiri untuk disajikan kepada para pengguna internet yang menjalankan browser, yaitu program yang diperlukan untuk menggunakan Web.


Halaman Web menjadi lebih istimewa dengan adanya hypertext link yaitu kata-kata berwarna terang yang dapat menuntun ke halaman lain bila pengguna memilihnya (Pengguna hanya perlu meng-klik link tersebut). Mereka dapat menuntun ke mana saja ke halaman lain untuk info yang lebih detail pada lokasi web yang sama ke suatu halaman Web di lokasi lain atau bahkan ke sumber daya internet lainnya seperti news-group misalnya.

No    ALAMAT SITUS    KETERANGAN
1               www.yahoo.com    Situs mesin pencari
2     www.suaramerdeka.com     Situs suara merdeka
3    www.google.com    Situs mesin pencari
4    toysguide.blogspot.com    Blog toko mainan












K. Membesarkan Huruf Awal Kalimat (Drop Cap)
Membesarkan huruf hingga  lebih dari satu baris naskah. Dari latihan 3 di atas dapat dilihat huruf U pada awal kalimat yang melebar hingga 3 baris ke bawah.
Caranya :
1.    Ketik naskah seperti biasa
2.    Letakkan kursor (bukan diblok) di depan huruf yang akan di-drop cap.
3.    Klik menu Format
4.    Klik Drop Cap
5.    Klik Dropped
6.    Klik  atau ketik jumlah Lines to drop  (jumlah baris)
7.  Klik OK
 Gambar 2.13
Drop Cap
A.    Membuat Kolom Koran
Membuat naskah terbagi menjadi beberapa kolom.
Dari latihan 3 di atas paragraf kedua berbentuk kolom koran.
Caranya:
1.    Ketik naskah
2.    Blok naskah yang akan dibuat kolom koran
( ngeblok harus benar-benar pas)
3.    Klik menu Format
4.    Klik Columns
5.    Pada Presets ( klik two untuk dua kolom)
6.    Klik Line beetween (garis pemisah kolom)
7.    Klik OK
8.    Maka naskah sudah terbagi menjadi beberapa kolom
Gambar 2.14
Columns
B.    Clip Art
Sebagai ilustrasi naskah, dalam MS WORD telah disediakan berbagai macam gambar dalam Clip Organizer
1. Cara menyisipkan gambar:
a.    Klik menu Insert
b.    Sorot Picture 
c.    Klik Clipart
d.    Klik Clip Organizer
e.    Klik tanda plus di depan Office Collections
f.    Klik kategori ( misalkan Academic )
g.    Klik gambar yang diinginkan
h.    Drag (seret dan tahan tombol kiri mouse) gambar tersebut ke dalam naskah
i.    Maka gambar tersebut sudah disisipkan dalam naskah










Gambar 2.15
Microsoft Clip Organizer


2.  Cara mengolah gambar :
a. Klik gambar tersebut
b. Klik Draw
c. Klik Text Wrapping
d. Pilih salah satu , seperti gambar











a.    Pengaturan size ( ukuran gambar ) dengan cara drag poin-poin di sudut gambar

N. Word Art
Menyisipkan  berbagai bentuk variasi tulisan.
Caranya :
1.    Letakkan kursor di tempat penyisipan
2.    Klik menu Insert
3.    Sorot Picture
4.    Klik Word Art
5.    Klik bentuk tulisan yang diinginkan
6.    Klik OK
7.    Hapus Your text here, ganti dengan naskah anda
8.    Atur Font dan Size bila diinginkan
9.    Klik OK








10. Pengaturan size ( ukuran tulisan ) dengan cara drag poin-poin di sudut gambar



O. Tabel
   
Untuk pengetikan dalam bentuk tabel maka perlu adanya tabel
1. Cara menyisipkan tabel :
a.    Letakkan kursor di tempat penyisipan tabel
b.    Klik menu Table
c.    Sorot Insert
d.    Klik Table
e.    Atur :
1)    Number of Colums (banyaknya kolom)
2)    Number of Row (banyaknya baris)
f.    Klik OK
g.    Maka tabel sudah siap untuk ditulisi naskah
2. Cara menghapus baris atau kolom dalam  tabel :
a. Klik baris atau kolom yang akan dihapus
b. Klik menu Table
c. Sorot Delete
d. Klik Columns untuk menghapus salah satu kolom pada tabel tersebut atau
Klik Rows untuk menghapus salah satu baris pada tabel tersebut
3. Cara menyisipkan dan menambah baris atau kolom dalam tabel :
a. Klik salah satu sel dalam baris atau kolom yang akan disisipi
b. Klik menu Table
c. Sorot Insert
d. Klik Columns to the right untuk menambah satu kolom di sebelah kanan
Klik Columns to the left untuk menambah satu kolom di sebelah kiri
Klik Row Above untuk menambah satu baris di atasnya
Klik Row Below untuk menambah satu baris di bawahnya
4.    Sorting data ( mengurutkan data dalam tabel ), caranya :
a.    Klik kolom yang akan diurutkan ( misalkan pada contoh tabel di bawah ini, kita akan mengurutkan data berdasarkan abjad nama )
b.    Klik Table
c.    Klik Sort
d.    Pada pilihan Sort by pilih Nama ( nama kolom yang akan di sorting )
e.    Klik Ascending ( untuk mengurutkan dari a ke z )
f.    Pada pilihan Then by pilih Nilai
g.    Klik OK
h.    Maka tabel akan berubah menjadi urut abjad
Nama    Nilai

Joko Raven    76

Siti Kade I    63

Thomas     94
Erni Hartuti    50

Zaskia    67
Adi Sutjipno    87


Nama    Nilai
Adi Sutjipno    87
Erni Hartuti    50

Joko Raven    76
Siti Kade I    63
Thomas     94
Zaskia
67
5.    Fungsi formula untuk perhitungan dalam tabel, caranya :
a.    Sebagai contoh, kita akan mengisikan jumlah x dan y pada tabel di bawah ini
b.    Klik kursor dalam sel jumlah
x    y    Jumlah
45    17   

24    12   
36    10   
c.    Klik Table
d.    Klik Formula
e.    Untuk menjumlahkan kolom x dan y maka pada formula diketik :
=SUM(LEFT)    
              atau
=a2+b2 
( keterangan : rumus a2 = abjad a untuk menandai kolom I, dan angka 2 untuk menandai baris II)
f.     Klik OK
g. Maka jumlah 62  akan otomatis muncul dalam tabel
h. Lakukan hal yang sama untuk menjumlahkan baris berikutnya

P.  Catatan Kaki (Footnote)
Catatan kaki digunakan untuk menjelaskan suatu bagian dari naskah dan letaknya di bawah halaman.
Caranya :
1.    Klik menu Insert
2.    Klik Footnote atau  Reference : Footnote untuk office windows xp
3.    Klik Insert
4.    Ketikkan naskah footnotenya

Q.  Nomor Halaman (Page Number)
Page Number digunakan untuk memberi nomor halaman
Caranya :
1.    Klik Insert
2.    Klik Page number
3.    Atur :





R. Menggambar (Drawing)

Menggambar garis, bangun ruang, diagram, flow chart dalam MS WORD bisa dilakukan dengan bantuan toolbar drawing.





1.    Klik AutoShapes untuk memilih bentuk gambar
2.    Klik gambar yang akan digunakan 
3.    Drag di area pengetikan untuk meletakkan gambar tersebut
4.    Klik kanan gambar, atau klik text box untuk manual
5.    Klik Add text untuk menambahkan tulisan pada gambar
6.    Ketikkan naskah dalam gambar tersebut
7.    Untuk variasi gambar (bayangan dan efek tiga dimensi) , klik :









   

Untuk memutar gambar (autoshape)
Cara 1 :
1.    Klik gambar yang akan diputar
2.    Klik Free Rotate
3.    Drag putar poin2 sudutnya

Cara 2 : (untuk office windows xp)
1. Klik gambar yang akan diputar
2. Drag putar pada poin berwarna hijau

S. Membuat Rumus Matematika

Dalam MS WORD kita dapat membuat rumus matematika dengan bantuan Microsoft Equation 3.0
Cara I
1.    Letakkan kursor di tempat penyisipan rumus
2.    Klik menu Insert
3.    Klik Object
4.    Cari Microsoft Equation 3.0
5.    Klik  OK
6.    Muncul toolbar pembuat rumus









7.    Klik satu persatu rumus tersebut kemudian kombinasikan dengan naskah anda

Cara II
Klik icon 

Contoh:

1.

Caranya  a. Klik fraction and radical template
b. Klik
c. ketik x
d. Klik subscript and superscript template
e. Klik
f.  ketik 2
g. Tekan tombol Tab pada keyboard
h. ketik +
i.  ketik y
j.  Klik subscript and superscript template
k. Klik
l.  Ketik 2
m. Tekan tombol Tab pada keyboard
n. Klik di luar area equation supaya rumus menjadi satu dengan naskah

2.


T. Mencetak (Print)

1.    Klik File
2.    Klik Print
3.    Klik Pages
4.    Ketik halaman berapa yang akan di print
5.    Klik O.K